Cuci Motor Saat Mesin Panas, Bagaimana?

Cuci Motor Saat Mesin Panas, Bagaimana?

Mencuci merupakan kegiatan yang memang harus di perhatikan oleh pengendara motor dan kendaraanya. Aplaagi di saat musim hujan, motor harus selalu terjaga agar tidak terkena jamur maupun komponen rusak yang mengakibatkan motor hilang perfoma.

Untuk para pengendara motor harus mengetahui ada hal penting yang harus di perhatikan untuk motor-mu. Cuci motor saat mesin panas sebenarnya boleh atau tidak? Jawabannya adalah tidak. Kebiasaan seperti ini sebaiknya dihindari, karena punya konsekuensi yang sangat buruk untuk motor. Ketika besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis. Jika dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang, bisa berdampak negatif.

Dampak buruk lain yang ditimbulkan adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna menjadi kekuningan. Di saat kondisi suhu mesin masih panas, berikan jeda waktu 5-10 menit sebelum dicuci. Waktu ini akan membuat kondisi mesin dan komponen di dalamnya istirahat sejenak sebelum terguyur air yang punya perbedaan suhu drastis. Kondisi ini akan mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.